Skip to content

Agar Menulis Terasa Mudah

Agustus 18, 2009

1. Niatkanlah, menulis bagian dari dakwah

Niat, sangatlah penting dalam setiap aktivitas, termasuk menulis. Bila sudah niat, berarti sudah dicatat sebagai amal baik dan insya’Allah akan dimudahkan Allah dalam mewujudkannya. Bukankah bila kita sudah niat, aktivitas yang akan kita lakukan terasa lebih mudah ?. itulah kehebatan niat bagi setiap muslim, maka jangan pernah tinggalkan niat dakwah dalam menulis.

2. Mulailah dari yang sudah kita ketahui dan senangi

Apapun yang kita lakukan, bila dimulai dari yang kita ketahui apalagi yang kita senangi, maka aktivitas tersebut terasa sangat ringan. Begitu juga menulis, akan terasa mudah bila dimulai dari yang kita ketahui, biasa dipikirkan ataupun kita senangi.

3. Tulislah yang mudah dan ringan

Setelah memulai dari yang sudah kita ketahui dan senangi, maka tulislah yang mudah dan ringan saja terlebih dahulu. Cobalah menulis esai atau opini dengan tema yang sudah dikuasai bahkan hapal diluar kepala. Tidak perlu langsung ingin menulis buku ataupun yang lebih rumit.

4. Buatlah kerangka tulisan

Kerangka tulisan ini sangat membantu kita yang sedang memulai atau yang tidak biasa berfikir sistematis. Kerangka ini akan menjadi acuan tulisan, mulai latar belakang, isi dan akhirnya. Namun, bagi anda yang biasa menulis dan berfikir sistematis, kerangka ini terasa sudah ada dalam otak, kita tinggal menuangkannya saja.

5. Jauhkan berfikir aturan penulisan yang ribet dan target terlalu tinggi

Terkadang sebelum menulis, kita membanyangkan bila tulisan itu harus begini, dan begitu. Akhirnya, kita merasa sendiri kalau tidak akan mampu memenuhinya dan pada akhirnya tidak jadi menulis. Ini sering menggagalkan penulis pemula untuk memulai menulis, maka jauhkanlah berfikir tersebut.

6. Sadarilah kita masih belajar

Ini sangat penting, agar kita tidak putus disaat mendapati tulisan kita ternyata masih kurang baik. Bahkan kita akan mengalami kebuntuan dalam penulisan dan terasa teramat sulit. Anggaplah semua itu sebagai tahapan belajar, yang harus kita lalui sebagimana penulis handal manapun telah mengalaminya. Maka dari itu, kita harus terus belajar, belajar dan perbaiki. Insya’Allah, suatu saat tulisan kita akan semakin baik.

7. Cari teman atau komunitas penulis

Ini penting, agar bisa terus berkarya dan mendapatkan berbagai solusi, baik teknik penulisan atau materi-materi yang kita tulis. Oleh karena itu, gabunglah dalam Aliansi Penulis Islam Ideologis (APII). Oke.

Iklan
One Comment leave one →
  1. Ida Ayu permalink
    Mei 9, 2017 9:38 am

    Izin minta gambarnya ya.. ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: